Senin, 18 Mei 2015

Indepth Reporting : KANTIN BERSAMA UPN “VETERAN” JAKARTA

Standard


Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta memiliki cukup banyak fasilitas kampus yang bisa di manfaatkan oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas  Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta yaitu antara lain seperti perpustakaan pusat dimana mahasiswa dari berbagai fakultas mana pun dapat berkunjung dan melakukan aktivitas disana, lalu ada Plaza Internet, selain itu terdapat kantin bersama yang terletak di antara Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Kesehatan. Kantin bersama merupakan salah satu dari sekian banyak fasilitas yang dimiliki oleh kampus yang sering di kunjungi oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai fakultas. Alasan kenapa kantin bersama sering di kunjungi, karena di kantin bersama tersebut terdapat banyak sekali kios-kios makanan dan minuman yang beraneka ragam dari mulai, kios nasi goreng, kios ayam bakar, kios pempek, kios bakso dan mie ayam, kios aneka minuman, dan masih banyak makanan dan minuman yang belum di sebutkan  pada kios-kios tersebut. Kantin bersama setiap harinya selalu ramai di kunjungi oleh berbagai mahasiswa-mahasiswi dari berbagai fakultas yang ada di UPN “Veteran” Jakarta.

Kantin bersama merupakan pusat jajanan makanan dan minuman terbesar yang berada di dalam kampus, maka dengan itu mahasiswa dan masisiswi dari berbagai fakultas banyak yang langsung tertuju ke kantin bersama untuk melakukan istirahat dan makan siang. Di kantin bersama, mahasiswa-mahasiswi juga akan di temani dengan lantunan musik dari radio kampus yang akan menemani mahasiswa-mahasiswi yang sedang makan.

Selain itu, di kantin bersama tidak hanya untuk beristirahat untuk makan ataupun minum, tetapi banyak sekali kegiatan yang bisa di lakukan disana. Antara lain seperti untuk mengerjakan tugas-tugas kampus, ataupun hanya sekedar berbincang-bincang dan bersendau gurau bersama teman sebayanya, bermain berbagai macam permainan seperti main kartu UNO, main catur, dan segala permainan lainnya.

Di samping kantin bersama terdapat pula fasilitas yang bisa di manfaatkan yaitu fotocopy dan percetakan. Fotocopyan itu banyak sekali di datangkan mahasiswa dan mahasiswi dengan alasan selain fotocopyan yang murah meriah selain itu dekat dengan kantin bersama. Jadi mahasiswa bisa menunggu sambil makan siang.

Namun sangat di sayangkan sekali, meja makan yang berada di kantin bersama masih di bilang sedikit karena banyak mahasiswa dan mahasiswi yang tidak mendapatkan meja makan disana. Jadi banyak mahasiswa dan mahasiswi yang membeli makanan dan minuman di kantin bersama namun tidak menyinggahi tempat tersebut. Mereka lebih banyak untuk makan di tempat di sekitar kantin bersama contohnya seperti di pinggir ruang fisioterapi.

Selain itu yang sangat di sayangkan juga, tingkat kebersihan di kantin bersama masih sangat kurang. Banyak mahasiswa dan mahasiswi yang belum sadar akan kebersihan lingkungan. Disaat mahasiswa dan mahasiswi berkunjung ke kantin bersama kita di perlihatkan dengan banyaknya sampah bungkus makanan dan minuman yang tertinggal di meja-meja kantin. Mulai dari plastik hingga sampah botol minuman. Selain itu lantai yang masih kotor. Di tempat ini juga masih banyak mahasiswa atau mahasiswi yang merokok sembarangan. Seharusnya area tersebut bebas dari asap rokok. Karena banyaknya mahasiswa yang merokok di tempat tersebut, akhirnya banyak pula abu rokok serta putung rokok yang berceceran di meja-meja maupun di lantai kantin bersama. Abu dan putung rokok tersebut membuat kotor sehingga membuat mahasiswa dan mahasiswi lain menjadi tidak nyaman berada di tempat itu.

Kantin bersama yang biasa disebut oleh mahasiswa dan mahasiswi UPN “Veteran” Jakarta adalah “KANBERS”. Kantin bersama atau kanbers memiliki letak yang kurang strategis karena jauh dari fakultas seperti FISIP, FE, FH, FT, FIKES. Sehingga mahasiswa dan mahasiswi yang dari fakultas tersebut sedikit malas untuk makan di kantin bersama, mereka lebih memilih untuk makan di tempat makan di luar.

Selain itu kondisi yang kotor dan gerahnya kantin bersama di siang hari banyak membuat mahasiswa universitas pembangunan “veteran” jakarta engan untuk makan dan datang ke kantin bersama, walaupun banyak makanan dan minuman yang dijajakan di kantin bersama tidak membuat banyak mahasiswa untuk datang ke kantin tersebut dikarenakan kondisi yang kotor dan panasnya dan gerahnya kantin tersebut di siang dan sore hari. 

Harga yang di tawarkan oleh semua pedagang makanan dan minuman di kantin bersama dirasa cukup masuk akal dan tidak terlalu menguras kantong mahasiswa yang ada di universitas ini. Diantara makanan yang dijajakan ada salah satu makanan yang terkenal di kalangan mahasiswa universitas pembangunan “vetaran” jakarta, yaitu nasi goreng PORTUGAL atau yang sering diplesetkan namanya oleh kalangan mahasiswa universitas pembangunan “veteran” jakarta sebagai nasi goreng porsi tukang gali, dimana hanya dengan mengeluarkan uang Rp.11.000 kita bisa mendapatkan nasi goreng yang dikatan sebagai nasi goreng porsi tukang gali ini, jika dilihat dari takaran nasi yang dibuat untuk nasi goreng tersebut dapat dipastikan bahwa nasi goreng tersebut adalah porsi yang dibuat untuk 2 orang akan tetapi dijadikan 1 porsi untuk satu orang, bisa dibayangkan bagaimana banyaknya porsi nasi yang disajikan dalam piring nasi goreng PORTUGAL tersebut.

Selain itu juga terdapat makanan ringan favorit parah mahasiswa di kampus ini. Yaitu: cilok, entah itu berbeda atau tidak dengan cilok yang di jual di luar kampus, akan tetapi cilok yang dijual di kantin bersama mendapatkan tempat yang spesial di kalangan mahasiswa universitas pembangunan “veteran” jakarta. Entah itu yang dibeli untuk dimakan di kantn bersama atau pun dibawah untuk dimakan di fakultas masing-masing, kedai cilok yang di jual dikantin bersama tidak pernah sepi dari mahasiswa yang membeli dan mengingikan cilok yang dijual oleh “bude”.

Kita juga akan mendapatkan sambutan yang ramah dari para penjual di kantin bersama ini, tidak ada nada sombong dan angkuh dari para penjual yang ada di kantin bersama, para penjual terlihat ramah dan sopan ketika banyak mahasiswa yang ingin membeli makanan di kedai makanan kantin bersama ini. Dari kantin ini kita juga bisa melihat aktivitas mahasiswa yang lalu lalang keluar masuk masjid UPN dan juga kegiatan kegiatan yang diadakan oleh UKM-UKM kampus, ini dikarenakan tidak jauh dari kantin bersama terdapat sekre-sekre UKM yang terdapat di kampus ini. Ketika sore hari kita juga bisa melihat sebagian mahasiswa bermain basket, di depan kantin bersama juga terdapat lapangan basket dimana di siang hari lapangan tersebut bisa beralih fungsi menjadi parkiran motor para mahasiswa universitas pembangunan nasioanal “veteran” jakarta.

Saat menjelang malam tiba, kio-kios di kantin bersama satu per satu mulai menutup warungnya, namun sampai warung sudah tutup semua. Kantin bersama masih cukup ramai di huni oleh mahasiswa-mahasiswi UPN “Veteran” Jakarta. Kegiatan yang di lakukan seperti berbincang-bincang dengan teman ataupun bermain gitar. Aktivitas mereka di kantin bersama sampai larut malam telah tiba baru mereka semua bergegas pulang ke rumah masing-masing.  

2 komentar:

  1. Biar pelayanan nganter makanan ke meja makan konsumen mudah dan praktis. Yuk sediakan trolley biar ga ribet. Kami Jual trolley makanan stainless

    BalasHapus
  2. Biar pelayanan nganter makanan ke meja makan konsumen mudah dan praktis. Yuk sediakan trolley biar ga ribet. Kami Jual trolley makanan stainless

    BalasHapus